%0 Report %9 Project Report %A SURADI, SURADI %D 2013 %F UNY:52095 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Kata kunci : Laporan PPL, Pelaksanaan PPL, Praktek Pengalaman Lapangan. %T LAPORAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK %U http://eprints.uny.ac.id/52095/ %X SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang dipromosikan untuk menjadi sekolah nasional bertaraf internasional. Program keahlian yang terdapat dalam SMK Muhammadiyah 1 Patuk adalah Teknik Otomotif, Teknik Audio Video, Teknik Informatika. Pembekalan pengajaran mikro sebagai salah satu bentuk orientasi pengajaran mikro, dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang pengetahuan dasar yang diperlukan pada praktek pengajaran mikro dan praktek pembelajaran di sekolah. Secara umum pengajaran mikro bertujuan membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktek mengajar (Real teaching) disekolah dalam program PPL. Praktek mengajar terbimbing adalah praktek mengajar dimana praktikan masih mendapat arahan pada pembuatan perangkat pembelajaran yang meliputi program satuan pelajaran, rencana pembelajaran, media pembelajaran, alokasi waktu dan pendampingan pada saat mengajar di dalam kelas. Dalam praktek terbimbing ini semua praktikan mendapat bimbingan dari guru mata diklatnya masing-masing. Silabus menguraikan tentang materi pelajaran yang tercakup dalam pokok bahasan dan sub pokok bahasan, untuk mengetahui kedalaman dan keluasan uraian materi. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dibuat dengan tujuan sebagai acuan atau pedoman dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas dalam satu atau beberapa kali tatap muka. Sesuai dengan kesepakatan antara Guru Pembimbing dan mahasiswa kkn-ppl yang diberikan oleh pihak SMK Muhammadiyah 1 Patuk, praktikan mendapat tugas mengajar mata pelajaran Alat Ukur Listrik, dan Menerapkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja Lingkungan Hidup untuk kelas X Teknik Audio Video,CCTV dan Pembuatan Dokumentasi Video untuk kelas XII Teknik Audio Video. Untuk hal ini praktikan melaksanakan KBM dalam bentuk tatap muka di depan kelas Teori dan Praktik. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajarkan sebelumnya. Hasil evaluasi yang praktikan lakukan tidak selalu berjalan dengan lancar. Banyak kendala yang harus dihadapi seperti siswanya yang malas membaca modul sehingga ketika pengambilan penilaian masih banyak sekali yang tidak memenuhi KKM. Khusus untuk kelas X masih banyak siswa yang belum punya motivasi sehingga dari pihak praktikan harus bekerja keras agar kondisi siswa mampu menerima materi yang akan disampaikan.