%0 Thesis %9 S2 %A Nugrahhu, Putra Andino %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:52091 %I UNY %K Pendidikan Sendratasik, Universitas Palangka Raya, Kurikulum, Evaluasi. %T Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Program Studi Pendidikan Sendratasik di Universitas Palangka Raya. %U http://eprints.uny.ac.id/52091/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) proses pelaksanaan kurikulum program studi Pendidikan Sendratasik di Universitas Palangka Raya, (2) kesenjangan antara standar kurikulum Pendidikan Tinggi dengan pelaksanaan di program studi pendidikan sendratasik Universitas Palangka Raya, (3) kendala-kendala yang ditemui selama penyusunan dan pelaksanaan kurikulum Pendidikan Sendratasik Universitas Palangka Raya, dan (4) menemukan solusi dalam mengatasi kendala-kendala tersebut di atas. Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengacu pada model evaluasi Discrepancy. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi: (a) penyusunan desain, (b) penetapan kelengkapan program, (c) proses, (d) pengukuran tujuan, dan (e) pembandingan. Subjek penelitian melibatkan informan antara lain ketua program studi, dosen-dosen pengampu, dan mahasiswa program studi Pendidikan Sendratasik Universitas Palangka Raya. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kurikulum program studi Pendidikan Sendratasik Universitas Palangka Raya yang disusun sesuai dengan kebutuhan kurikulum di sekolah selaku calon pengguna lulusan Pendidikan Sendratasik. (2) Terjadi kesenjangan antara standar kurikulum Pendidikan Tinggi dengan pelaksanaan di program studi Pendidikan Sendratasik Universitas Palangka Raya. (3) Terdapat beberapa kendala yang dihadapi pada pelaksanaan kurikulum Pendidikan Sendratasik Universitas Palangka Raya, antara lain: (a) pembagian jadwal mata kuliah masih sering berubah-ubah; (b) fasilitas penunjang perkuliahan masih belum memadai; (c) pengetahuan dan keterampilan dasar yang dimiliki mahasiswa masih kurang; (d) ketersediaan sarana dan prasarana masih belum terpenuhi; dan (e) tenaga pengajar yang tersedia masih sangat terbatas. (4) Terdapat beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut di atas, antara lain: (a) Mahasiswa menambah kegiatan di luar proses perkuliahan agar membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seni; (b) melakukan peminjaman untuk sementara, baik peminjaman ruangan maupun alat-alat musik; (c) pihak kampus melakukan kerjasama dengan Universitas lain dalam hal menghadirkan dosen tamu; (d) mengadakan pelatihan dan juga pengembangan kurikulum dengan mengundang pemateri yang dapat berasal dari Kementerian secara langsung ataupun dari Universitas lain yang telah menerapkan kurikulum sesuai KKNI.