eprintid: 52079 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/20/79 datestamp: 2017-08-15 01:40:29 lastmod: 2019-10-01 14:49:35 status_changed: 2017-08-15 01:40:29 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: AL AMIN ROIS, AL AMIN ROIS title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) KKN-PPL UNY 2013 ispublished: pub subjects: kkn-ppl divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program terpadu yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY. Program PPL ini merupakan bentuk aplikasi ilmu yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Selain itu, program PPL ini merrupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dalam hal ini masyarakat sekolah serta membantu mengembangkan sekolah yang menunjang proses pembelajaran. Program PPL di SMK Muhammadiyah Magelang dimulai sejak tanggal 15 Juli (tahun ajaran baru 2013/20134) sampai tanggal 17 September 2013. Adapun pelaksanaan program PPL tersebut meliputi observasi sekolah, observasi kelas, persiapan mengajar, penyusunan RPP, penyusunan media, praktik mengajar, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk mengembangkan diri mahasiswa agar siap menjadi tenaga pendidik yang profesional di masa mendatang. Pada tahap praktik mengajar, mahasiswa menyiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), sarana, alat dan media pembelajaran. Praktik mengajar dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 17 September 2013. Pada tahap pelakasanaan, mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi diberi kesempatan mengajar di kelas X MM, X PMS, X AK, X AP 1, X AP 2, XII MM 1, XII MM 2, XII AP, dengan alokasi waktu 2X40 menit setiap pertemuan (kecuali pada bulan puasa 2X30 menit setiap pertemuan). Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. date: 2013 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: AL AMIN ROIS, AL AMIN ROIS (2013) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) KKN-PPL UNY 2013. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/1/abstrak...rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/2/BAB%20I.rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/3/BAB%20II.rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/4/BAB%20III.rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/5/catatan%20mengajar...rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/6/DAFTAR%20ISI.rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/7/DAFTAR%20LAMPIRAN.rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/8/DAFTAR%20PUSTAKA...rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/9/HALAMAN%20PENGESAHAN...rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/10/judul...rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/11/KATA%20PENGANTAR...rtf document_url: http://eprints.uny.ac.id/52079/12/MATRIKS...rtf