TY - THES M1 - skripsi N2 - Permasalahan yang ditemui di sekolah adalah rendahnya minat belajar bahasa Jawa siswa kelas I A. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Jawa melalui metode bermain, cerita, menyanyi di kelas I A SD Negeri Percobaan 4 Wates. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK, model Kemmis dan Taggart. Data diambil dari observasi siswa dan skala psikologi minat belajar bahasa Jawa siswa. Teknik analisis data meliputi mengolah analisis data deskriptif kuantitatif. Metode bermain, cerita, menyanyi diterapkan dengan penggunaan lagu, puzzle, media papan kartu, dan bermain ular naga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pra siklus, siklus I dan siklus II rerata mengalami peningkatan. Skor minat belajar bahasa Jawa pada prasiklus sebesar 24,5. Pada siklus I menjadi 28,7 kemudian menjadi 29,7 pada siklus II. Hasil menunjukkan bahwa rerata minat belajar bahasa Jawa dalam kategori tinggi. Sebanyak 80% siswa dalam kategori minat yang tinggi. Hal tersebut nampak pada hasil observasi, yaitu siswa aktif dalam menunjukkan tangan, mau maju bercerita, tidak mengantuk, dan lain-lain. Kata kunci: Minat belajar Bahasa Jawa, metode bermain, cerita, menyanyi UR - http://eprints.uny.ac.id/52055/ ID - UNY52055 Y1 - 2017/08/14/ A1 - Indrasanti, Franciska Maya Edwina PB - PGSD TI - UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA JAWA DENGAN METODE BERMAIN, CERITA, MENYANYI DI KELAS I A SD NEGERI PERCOBAAN 4 WATES AV - restricted ER -