%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Kuwaderan 2 menggunakan metode Mind Mapping dalam mata pelajaran IPS tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru serta siswa kelas V SD Negeri Kuwaderan 2 Kajoran Magelang dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang diguankan adalah tes dan observasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis hasil belajar kognitif siswa ketika menerapkan metode mind mapping adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Kuwaderan 2. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata dan presentase ketuntasan pada pratindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada pratindakan atau sebelum diberi tindakan metode mind mapping adalah 63,04 dengan presentase ketuntasan sebesar 18,75%. Setelah siswa diberikan tindakan dengan menggunakan metode mind mapping, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 69,53 dengan presentase ketuntasan adalah 59,38% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 81,88 dengan presentase ketuntasannya adalah 87,5%. Kata kunci : hasil belajar kognitif IPS, metode mind mapping. %A Dian Retnosari %L UNY52049 %D 2017 %I PGSD %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPS KELAS V MELALUI METODE MIND MAPPING DI SD NEGERI KUWADERAN 2 KAJORAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017