@phdthesis{UNY52025, school = {UNY}, title = {KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA}, month = {July}, author = {Febri Harina Alwi and Jailani Jailani}, year = {2017}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan pretestposttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 11 Yogyakarta. Kemudian dari populasi tersebut dipilih dua kelas dengan menggunakan undian kelas, yaitu kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket minat belajar dan tes kemampuan komunikasi matematis. Validasi instrumen menggunakan validasi isi melalui expert judgments. Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji one sample t-test dan Hotteling?s Trace. Berdasarkan hasil yang diperoleh, posttest kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 79,62 dan 77,79 sedangkan untuk minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki skor rata-rata 71,78 dan 70,00. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa; 2) pendekatan saintifik efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa kelas; 3) pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS tidak lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan saintifik ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa.}, keywords = {komunikasi matematis, minat belajar, pendekatan saintifik, Kooperatif tipe TS-TS}, url = {http://eprints.uny.ac.id/52025/} }