eprintid: 52023 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/05/20/23 datestamp: 2017-08-16 02:03:57 lastmod: 2019-01-30 14:49:03 status_changed: 2017-08-16 02:03:57 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dwi Romansyah, Febritya corp_creators: M. Hamid Anwar title: RESPON GURU PENJASORKES TERHADAP SERTIFIKASI DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BAMBANGLIPURO ispublished: pub subjects: or_pkr divisions: fik_olahraga_pgsd_penjas full_text_status: public keywords: kompetensi guru abstract: Sertifikasi adalah salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah kepada guru yang telah memenuhi kualifikasi dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru penjasorkes terhadap sertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah guru penjasorkes sertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis data yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon guru penjasorkes terhadap sertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro adalah positif. Guru sudah memenuhi mengajar seminggu minimal 24 jam pelajaran, melaksanakan pemberkasan setiap 6 bulan sekali dan mengikuti UKG. Kompetensi pedagogis guru tergolong positif, tetapi belum semua guru melaksanakan pengembangan potensi siswa. Kompetensi profesional guru tergolong positif karena guru menguasai materi, mengikuti program pengembangan diri, guru aktif mengikuti KKG, seminar, diklat dan pelatihan, membuat atau memodifikasi alat pembelajaran, namun belum semua guru melakukan publikasi ilmiah dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. Kompetensi kepribadian guru tergolong positif karena guru tidak terlambat datang sekolah, berpakaian rapi dan sopan, mengajar sesuai jadwal dan menyampaikan materi dengan jelas. Kompetensi sosial guru juga tergolong positif karena guru aktif mengikuti KKG, guru berjabat tangan ketika datang dan pulang sekolah, tidak diskriminatif, berbicara santun kepada siswa dan dapat berkomunikasi dengan warga sekitar sekolah. date: 2017 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan department: PGSD Penjaskes thesis_type: skripsi citation: Dwi Romansyah, Febritya (2017) RESPON GURU PENJASORKES TERHADAP SERTIFIKASI DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BAMBANGLIPURO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/52023/1/SKRIPSI_Febritya%20Dwi%20Romansyah_13604221049.pdf