%0 Thesis %9 S1 %A Nugroho, Lazuardi %A Sugiyono, Sugiyono %B Jurusan Pendidikan Matematika %D 2017 %F UNY:52018 %I UNY %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALASAN %U http://eprints.uny.ac.id/52018/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing pada materi kubus dan balok ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII F SMP Negeri 1 Kalasan, Sleman. Sampel dipilih dua kelas dari populasi secara acak dengan teknik simple random sampling. Sampel terpilih yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan VIII C sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah tes kemampuan pemahaman konsep dengan reliabilitas tinggi yaitu