relation: http://eprints.uny.ac.id/52017/
title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN  PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN  BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR  MATEMATIKA SISWA SMP
creator: Thufaila, Dewi
creator: Retnawati, Heri
subject: Matematika
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem-  Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan prestasi  belajar siswa SMP kelas VII serta mengetahui apakah model pembelajaran Problem-  Based Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran matematika dibandingkan  dengan pembelajaran menggunakan Scientific Method ditinjau dari kemampuan berpikir  kritis matematis dan prestasi belajar matematika siswa SMP.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau disebut juga quasi  experiment yang menggunakan rancangan eksperimen pre-test post-test dengan dua kelas,  satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang dipilih  secara acak (Randomize Pre-test-Post-test Control Group Design). Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta, dengan sampel sebanyak 67 siswa  kelas VII SMP Negeri 12 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini  adalah instrumen tes berupa pre-test dan post-test yang digunakan untuk mengukur  kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekaligus prestasi belajar matematika siswa  yang telah divalidasi sebelum dilakukan penelitian oleh dua dosen ahi sebagai validator.  Statistik uji yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah uji-t.  Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Problem-Based Learning efektif  ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis dengan kenaikan rata-rata nilai pre-test  post-test sebesar 36,162 dengan varians sebesar 518,114, model pembelajaran Problem-  Based Learning juga efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa dengan kenaikan rata-rata  nilai pre-test post-test sebesar 43,218 dengan varians sebesar 288,428. Hasil penelitian ini  juga menunjukkan bahwa model pembelajaran Scientific Method kurang efektif ditinjau  dari kemampuan berpikir kritis matematis dengan kenaikan rata-rata nilai pre-test posttest  sebesar 23,399 dengan varians sebesar 753,347, model pembelajaran Scientific  Method juga kurang efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa dengan kenaikan rata-rata  nilai pre-test post-test sebesar 21,891 dengan varians sebesar 538,836. Sehingga kedua  model pembelajaran tidak dapat dibandingkan dan tidak dapat disimpulkan bahwa model  pembelajaran Problem-Based Learning lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran  Scientific Method ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis dan prestasi belajar  siswa SMP.  Kata kunci: Problem-Based Learning, Scientific Method, Kemampuan Berpikir Kritis  Matematis, Prestasi Belajar Siswa.
date: 2017-04-25
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/1/Abstrak.docx
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/2/BAB%201.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/3/BAB%202.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/4/BAB%203.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/5/BAB%204.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/6/BAB%205.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/7/COVER.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/8/daftar%20pustaka.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/52017/9/LAMPIRAN.pdf
identifier:   Thufaila, Dewi and Retnawati, Heri  (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP.  S1 thesis, UNY.