%I LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta %A Aulia Chandra Dewi Aulia Chandra Dewi %J Laporan PPL %D 2013 %T PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %K Kata kunci: PPL, praktik, dan mengajar %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam lingkungan pendidikan, baik formal maupun nonformal. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di depan dan di luar kelas. Selain itu, PPL dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam proses KBM, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dalam dunia pendidikan sebagai tenaga pendidik. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tujuannya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara operasional di sekolah, sehinggga tidak hanya teoritis saja. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 1 Juli sampai 17 September 2013 di SMP Negeri 2 Yogyakarta akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah, perguruan tinggi, dan mahasiswa. Kegiatan atau program PPL kelompok maupun individu yang dilaksanakan antara lain: program kelompok meliputi; lomba membaca geguritan, dan posterisasi slogan berbahasa Jawa. Sedangkan program utama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri, membuat RPP, memberikan tugas siswa, serta pengadaan CD pembelajaran. Dalam kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Yogyakarta, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di 10 kelas yaitu kelas VII A sampai VII F , dan VIII A, VIII C, VIII D, VIIIE, VIII F. Masing-masing kelas berkesempatan mengajar sebanyak 5 kali pertemuan, sehingga dalam 10 kelas tersebut melaksanakan praktik mengajar sebanyak 64 kali dengan 10 RPP. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. %L UNY51994