%L UNY51993 %A Ahmad Usup Triono %X Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penanaman nilai disiplin melalui kegiatan polisi cilik atau POLCIL di kelas 4 SD Muhammadiyah Bausasran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelas 4 SD Muhammadiyah Bausasran dengan narasumber yang terdiri dari pengampu POLCIL, kepala sekolah, guru penanggung jawab, dan anak, dengan menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Uji keabsahaan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman nilai disiplin melalui kegiatan POLCIL di kelas 4 SD Muhammadiyah Bausasran melalui kegiatan rutin yang terdiri dari kegiatan baris-berbaris, berjabat tangan, berdoa, mengucapkan slogan, meminta ijin, dan memberikan peraturan. Kedua melalui kegiatan keteladanan seperti cara berpakaian pengampu, cara berbicara pengampu, dan kedatangan pengampu. Ketiga melalui kegiatan spontan yang terdiri dari pemberian teguran, pemberian penghargaan dan memimpin berda. Terakhir melalui pengkondisian tempat latihan dan pakaian latihan.. Kegiatan POLCIL didalam tahapan pendidikan karakter berada di tahapan kedua karena pengampu masih menumbuhkan rasa disiplin kepada anak melalui keempat kegiatan tersebut. Adapun hambatan yang membuat penanaman nilai disiplin ini terhambat adalah faktor karakter anak dan pelaksanaan kegiatan POLCIL. Kata kunci: nilai disiplin, POLCIL %D 2017 %I PGSD %T PENANAMAN NILAI DISIPLIN MELALUI KEGIATAN POLISI CILIK ATAU POLCIL DI KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH BAUSASRAN