%0 Thesis %9 S1 %A Fauzi, Aziz Syukron %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:51962 %I PGSD %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATA PELAJARAN IPS KELAS V POKOK BAHASAN PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MELAWAN PENJAJAH %U http://eprints.uny.ac.id/51962/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah yang layak digunakan untuk siswa SD Negeri Sinduadi 1 Sleman. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan four-D (define, design, develope, disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sinduadi 1 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis data awal dilakukan secara deskriptif, sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan melakukan konversi data kuantitatif kedalam data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Multimedia dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu: (a) mendefinisikan kebutuhan dengan analisis awal, analisis konsep materi, analisis tugas dan analisis tujuan pembelajaran, (b) melakukan perancangan dengan menyusun parameter penilaian, pemilihan format, pemilihan media, dan pembuatan prototipe, (c) melakukan pengembangan dengan validasi produk oleh ahli diikuti revisi, serta ujicoba lapangan sehingga dihasilkan produk akhir multimedia dengan lima menu utama yaitu petunjuk, kompetensi, materi, evaluasi, dan profil. (2) Kelayakan multimedia ditentukan dari hasil validasi oleh ahli dengan rerata skor 3,68 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dilanjutkan hasil respon pengguna melalui ujicoba lapangan dengan rerata skor 3,71 yang termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga multimedia pembelajaran interaktif perjuangan Bangsa Indonesia melawan penjajah dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif