TY - THES PB - PGSD A1 - Prasidya, Anisa Muji Y1 - 2017/08/11/ N2 - Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan kartu kuartet terhadap hasil belajar matematika materi geometri bangun ruang kelas V SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kuasi eksperimen dan tipe Nonequivalent Control Group, sehingga terdapat dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta sejumlah 63 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA dan VB. Kelas VA sebagai kelompok kontrol mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan permainan kartu kuartet. Penelitian ini menggunakan analisis data statistik inferensial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas, uji-t, serta N-Gain. Hasi penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan permainan kartu kuartet terhadap hasil belajar matematika materi geometri bangun ruang siswa kelas V SD Negeri Kotagede 1 Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh UR - http://eprints.uny.ac.id/51955/ TI - PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI KOTAGEDE 1 YOGYAKARTA AV - restricted ID - UNY51955 M1 - skripsi ER -