TY - THES PB - PGSD A1 - Mikantri, Anida N2 - Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media grafis terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Palbapang Baru. Pendekatan penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimen dalam desain eksperimen semu (quasi-experimental design). Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group, sehingga ada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V yang semua berjumlah 42 siswa yang terdiri dari 21 siswa kelas VA dan 21 siswa kelas VB. Kelas VA sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitan diuji melalui uji validasi product moment, uji reliabilitas cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan melalui uji prasyarat analisis terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Lavene. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media grafis efektif terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Palbapang Baru. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 6.532 > 2.093 dan Asymptotic Sig < taraf signifikansi 5% yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat diartikan bahwa keaktifan belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Dengan demikian menunjukkan bahwa penggunaan media grafis efektif terhadap keaktifan belajar siswa. Kata kunci: Media Grafis, Keaktifan Belajar. Y1 - 2017/08/11/ UR - http://eprints.uny.ac.id/51952/ M1 - skripsi ID - UNY51952 AV - restricted TI - EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SD PALBAPANG BARU ER -