eprintid: 51949 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/19/49 datestamp: 2017-08-11 02:31:26 lastmod: 2019-10-01 11:34:10 status_changed: 2017-08-11 02:31:26 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Briantama Rachmat Fauzi, Briantama Rachmat Fauzi title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 KLATEN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci : PPL;Kegiatan; Teknik Pemesinan CNC abstract: Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program kegiatan yang dilihat dari aspek manajemen dan waktu dengan tujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik atau tenaga kependidikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa program studi kependidikan. Standar kompetensi PPL dirumuskan dengan mengacu dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota masyarakat yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 2 Klaten. Sekolah ini berlokasi di Desa Senden, Kecamatan Ngawen, Klaten. Selama melaksanakan PPL, kegiatan yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Praktik mengajar terbimbing, 3) Praktik mengajar mandiri. Semua kegiatan dilaksanakan di SMK Negeri 2 Klaten dan mendapatkan umpan balik dari guru pembimbing. Mata pelajaran yang diajarkan yaitu Teknik Pemesinan CNC. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMK N 2 Klaten sebagai ajang mahasiswa praktikum untuk merasakan dan mengetahui proses kerja maupun cara kerja seorang guru serta hidup di organisasi sekolah. Mahasiswa praktikum yang notabennya sebagai pendidik untuk menjadi pengajar seusai melaksanakan perkuliahan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan memberikan manfaat serta pengalaman bagi praktikan, baik yang menyangkut proses kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan di luar kelas yang sifatnya terpadu antara praktik, teori serta pengembangan lebih lanjut dan merupakan penerapan teori yang telah didapatkan di bangku perkuliahan sebagai sarana untuk mendapatkan pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran dan pendidikan lainnya, sehingga dapat menyiapkan lulusan pendidik profesional. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Briantama Rachmat Fauzi, Briantama Rachmat Fauzi (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51949/1/PENDIDIKAN%20TEKNIK%20MESIN_BRIANTAMA%20RACHMAT%20FAUZI_13503241032.pdf