@phdthesis{UNY51948, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP N 2 TURI SLEMAN YOGYAKARTA}, author = {Gesya Dwi Augia}, month = {August}, year = {2017}, school = {Fakultas Bahasa dan Seni}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51948/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya dengan materi gambar ilustrasi untuk peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Sleman Yogyakarta, mengetahui dan mendeskripsikan kelayakan pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran seni budaya dengan materi gambar ilustrasi untuk peserta didik kelas VIII di SMP N 2 Turi Sleman Yogyakarta, serta mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa dalam menggunakan multimedia pembelajaran gambar ilustrasi di SMP N 2 Turi Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R\&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Seni Budaya yaitu guru SMP N 2 Turi Sleman Yogyakarta. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 32 siswa Kelas VIII A SMP N 2 Turi Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian berupa multimedia pembelajaran yang dikemas dengan menggunakan CD didalamnya terdapat fitur materi , fitur video, serta fitur evaluasi. Aplikasi tersebut dibuat dengan software Adobe Flash Professional CS 6 dan Corel Draw X7, kemudian tingkat kelayakan media pembelajaran gambar ilustrasi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, mendapat nilai 82\%, sehingga termasuk dalam kategori ?sangat layak?, dari ahli media mendapat nilai 79\%, sehingga termasuk kategori ?sangat layak?, dan dari praktisi pembelajaran seni budaya mendapat nilai 79,30\%, sehingga termasuk kategori ?sangat layak?. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan presentase ?70\% setiap indikatornya. Dengan demikian multimedia pembelajaran gambar ilustrasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran} }