relation: http://eprints.uny.ac.id/51903/
title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA KELAS IV BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MATERI MACAM-MACAM GAYA DI SD NEGERI DEMAKIJO 1 KURIKULUM 2013
creator: Wijaya, Laily Khoiril Hana
subject: Ilmu Pengetahuan Alam
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa IPA kelas IV berbasis model pembelajaran Guided Discovery pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku materi Macam-macam Gaya Kurikulum 2013 yang memenuhi kelayakan secara teoritis.   Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall, namun hanya dilakukan dengan 9 langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.   Karakteristik dan hasil pengembangan produk adalah Lembar Kerja Siswa IPA Macam-macam gaya berisi kegiatan untuk mengidentifikasi gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan. Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan dilengkapi dengan panduan untuk guru yang berisi kunci jawaban untuk menilai aspek kognitif dan juga rubrik penilaian afektif dan psikomotorik. Setiap kegiatan pada Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan sesuai dengan model pembelajaran Guided Discovery. Hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa berupa validasi dari dosen ahli materi dan ahli media. Validasi terakhir dari segi materi memperoleh skor rata rata 4,14 dengan kriteria “baik”. Validasi terakhir dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan kriteria “baik”. Uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,68 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, Lembar Kerja Siswa IPA kelas IV berbasis model pembelajaran Guided Discovery pada Subtema Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku materi Macam-macam Gaya Kurikulum 2013 dikatakan memenuhi kelayakan secara teoritis dan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung implementasi kurikulum 2013.     Kata kunci: pengembangan, lembar kerja siswa, macam-macam gaya
date: 2017-08-10
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/51903/1/Laily%20Khoiril%20Hana%20Wijaya.pdf
identifier:   Wijaya, Laily Khoiril Hana  (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA IPA KELAS IV BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY MATERI MACAM-MACAM GAYA DI SD NEGERI DEMAKIJO 1 KURIKULUM 2013.  S1 thesis, PGSD.