@techreport{UNY51899, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Lutfi Nur Indrawan}, title = {PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK KRISTEN 1 KLATEN}, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMK Kristen 1 Klaten, Universitas Negeri Yogyakarta}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib diambil oleh mahasiswa S1 kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. PPL ini diadakan guna melatih mahasiswa dalam menyiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang harus memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan pendagogik yang profesional sehingga mahasiswa memiliki kompetensi dibidangnya, yaitu pendidikan. Sebagai modal mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya, mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan PPL sebagai salah satu syarat menyelesaikan gelar sarjana pendidikan dan nantinya mahasiwa memperoleh pengalaman di lapangan guna memberikan gambaran terhadap mahasiswa mengenai dunia pendidikan itu sendiri. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMK Kristen 1 Klaten yang berada di Jalan Diponegoro, Gumulan, Klaten Tengah, Jawa Tengah mulai tanggal 18 Juli ? 16 September 2016. Dalam pelaksanaannya, PPL dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap persiapan yang meliputi pembekalan PPL, pembelajaran mikro (micro teaching) untuk melatih mahasiswa sebelum mengajar di sekolah yang sebenarnya, observasi sekolah dan kelas, serta pengembangan rencana pembelajaran. Tahap selanjutnya yaitu tahap pelaksanaan, dimana pada tahap ini, mahasiswa melakukan praktik mengajar sekaligus melakukan persiapan-persiapan pengajaran dan ikut melakukan praktik persekolahan. Dalam praktik mengajar, mahasiswa terlebih dahulu diharuskan membuat perangkat-perangkat pembelajaran terlebih dahulu seperti RPP, modul, materi, media pembelajaran, dll. Selain erangkat pembelajaran tersebut, mahasiswa harus siap membantu administrasi sekolah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar siswa di kelas.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51899/} }