%0 Thesis %9 S2 %A Fane, Abdoulaye %B Program Pascasarjana %D 2017 %F UNY:51888 %I UNY %K Keterlibatan orang tua, perilaku guru, motivasi belajar dan prestasi belajar %T Pengaruh Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Guru, Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma N 4 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 %U http://eprints.uny.ac.id/51888/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: (1) keterlibatan orang tua, (2) perilaku guru, (3)motivasi belajar, dan (4) keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siwa kelas x MIPA SMA Negeri 4 Yogyakarta pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2016/ 2017. Sampel sejumlah 121 siswa ditentukan menggunakan simple random sampling technique. Pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier dan ganda yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS versi 13. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) keterlibatan orang tua (nilai t hitung sebesar 2,635; nilai signifikansi 0,010<0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,196); (2) Perilaku guru (nilai t hitung sebesar 4,446; nilai signifikansi 0,010<0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,344);(3) motivasi belajar (nilai t hitung sebesar 4,401; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,350); dan (4) keterlibatan orang tua, perilaku guru dan motivasi belajar secara bersama-sama (nilai F hitung sebesar 45,626 dengan signifikansi 0,000<0,05) terhadap prestasi berlajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 4 Yogyakarta. Hasil uji R² pada penelitian ini menunjukan nilai sebesar 0,539. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh variabel keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar sebesar 53,9%, sedangkan sisanya sebesar 46,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Persamaan regresi Ŷ = 59,893 + 0,196X1 + 0,344X2 + 0,350X3 + e.