TY - THES PB - PGSD N2 - Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD se-Gugus III Kecamatan Jatinom. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen berupa Quasy Experimental Desain Type Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 21 siswa (kelompok eksperimen) dan 20 siswa (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal uraian tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test kelompok ekesperimen sebesar 86,90 dan rata-rata post-test kelompok kontrol sebesar 78,19. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,912 lebih besar dari ttabel yaitu 1,685 (4,192 > 1,685). Kata kunci: model Discovery Learning, Kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah Y1 - 2017/08/10/ A1 - Susanti, Oktafiana Irma TI - PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD SEGUGUS III KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN M1 - skripsi AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/51883/ ID - UNY51883 ER -