@phdthesis{UNY51882, month = {August}, title = {IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SD NEGERI KOTAGEDE 3 TAHUN AJARAN 2016/ 2017}, author = {Nur Rochmah Fajarina}, school = {PGSD}, year = {2017}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51882/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program adiwiyata serta faktor pendukung dan penghambat implementasi program adiwiyata di SD Negeri Kotagede 3 pada tahun ajaran 2016/ 2017. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa. Obyek penelitian yaitu situasi sosial yang menunjukkan implementasi program adiwiyata meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif Miles \& Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Program Adiwiyata di SD Negeri Kotagede 3 pada tahun ajaran 2016/2017 dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari masing-masing komponen Adiwiyata yaitu; kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Secara umum implementasi Program Adiwiyata di SD Negeri Kotagede 3 sudah dilaksanakan dengan baik sesuai standar dan perencanaan yang telah disusun. Namun, pelaksanaan program masih perlu ditingkatkan lagi untuk membentuk perilaku warga sekolah yang bekarakter peduli lingkungan. (2) Faktor pendukung implementasi Program Adiwiyata di SD Negeri Kotagede 3 antara lain kondisi lingkungan sekitar, partisipasi dan dukungan warga sekolah, kemampuan guru, kebijakan pemerintah, sumber dana, dan jenis kegiatan. Faktor penghambat implementasi Program Adiwiyata di SD Negeri Kotagede 3 antara lain kurangnya kepedulian dan partisipasi warga sekolah, beban tugas guru terlalu berat, kurangnya kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau media, dan kondisi lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Kata Kunci: Program Adiwiyata} }