TY - THES TI - PENDIDIKAN NILAI NASIONALISME DI KELAS V SD NEGERI 1 PANDOWAN GALUR KULON PROGO AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY51878 UR - http://eprints.uny.ac.id/51878/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme di kelas V SD Negeri 1 Pandowan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi fenomenologi. Subjek penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Pandowan dengan narasumber antara lain kepala sekolah, guru di kelas V, dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan komponen analisis data konsep Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme di kelas V SD Negeri 1 Pandowan dilakukan melalui: 1) pendekatan pendidikan nilai yang meliputi pendekatan penanaman nilai, keteladanan pendidik, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat; 2) pengintegrasian dalam pembelajaran tematik, agama Islam, penjaskes dan menciptakan pembelajaran aktif serta pemberian bantuan kepada siswa; dan 3) budaya sekolah yang meliputi kebijakan sekolah, program sekolah, peraturan, pembiasaan, kegiatan kokurikuler, dan ektrakurikuler. Kata kunci: pendidikan nilai, nasionalisme. Y1 - 2017/08/10/ A1 - Khotimah, Khusnul PB - PGSD ER -