TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/51873/ ID - UNY51873 PB - PGSD Y1 - 2017/08/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya meningkatkan kemandirian belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri Gedongkiwo dengan menggunakan metode mind map. Metode mind map diterapkan pada awal siklus I. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan&observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas VB berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar checklist yang divalidasi melalui expert judgment. Data yang diperolehdianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map dapat meningkatkan kemandirian belajar IPS pada siswa kelas VB SD Negeri Gedongkiwo. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemandirian belajar IPS yaitu dengan cara meningkatkan tanggung jawab, percaya diri, kreativitas, semangat, dan disiplin siswa. Untuk meningkatkan tanggung jawab siswa diajarkan untuk dapat menyiapkan dan membereskan buku pelajaran sendiri. Rasa percaya diri siswa ditingkatkan dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa secara acak serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat. Kreativitas siswa ditingkatkan dengan cara memberikan kebebasan untuk berkreasi sendiri dalam membuat mind map. Semangat belajar ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran agar siswa menjadi tertarik dan konsentrasi saat belajar. Disiplin belajar siswa ditingkatkan dengan cara menetapkan waktu dalam kegiatan membuat mind map. Kata kunci: kemandirian belajar, pembelajaran IPS, metode mind map TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA SISWA KELAS VB SD N GEDONGKIWO A1 - Nurfajriati, Irma Meilina M1 - skripsi AV - restricted ER -