%0 Thesis %9 S1 %A Jayanti, Endar Dwi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2017 %F UNY:51856 %I PGSD %T PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI KARANGREJEK II %U http://eprints.uny.ac.id/51856/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IVb SD Negeri Karangrejek II Wonosari Gunungkidul dengan menerapkan pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVb SD Negeri Karangrejek II yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. \ Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLAS dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Cara meningkatkan hasil belajar tersebut dengan menyampaikan apersepsi intelektual dan emosional, menyampaikan tujuan pembelajaran, membagi siswa dalam kelompok kecil secara heterogen serta adanya peran yang jelas pada setiap anggota, menyediakan sumber belajar langsung di alam sekitar, membimbing dalam pengamatan dengan membuat petunjuk belajar yang jelas, memberi kesempatan bertanya tentang materi, memfasilitasi untuk aktif dalam pengamatan dan permainan edukatif, membimbing dan menyimpulkan materi, memberi soal evaluasi, dan memotivasi siswa agar tumbuh minat untuk sadar dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Adapun peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari kegiatan pra tindakan dan siklus I berturut-turut untuk ranah afektif sebesar 50% menjadi 88,98%; kognitif sebesar 45,45% menjadi 81,82%; serta psikomotorik sebesar 45,45% menjadi 86,19%. Kata kunci: hasil belajar IPA, pendekatan lingkungan alam sekitar (PLAS)