%D 2017 %I PGSD %T KESULITAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS I SD N 3 PENGASIH, KULON PROGO %L UNY51854 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan perencanaan, kesulitan pelaksanaan, dan kesulitan penilaian dalam implementasi kurikulum 2013 di kelas I SD N 3 Pengasih, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I SD N 3 Pengasih. Objek dalam penelitian ini adalah kesulitan guru dalam implementasi kurikulum 2013 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru mengalami kesulitan dalam kegiatan perencanaan pembelajaran yang meliputi membuat RPP, merumuskan indicator, mengembangkan materi, menentukan media; alat; dan sumber pembelajaran dan menentukan langkah pembelajaran. Selanjutnya guru juga mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran yang meliputi mengondisikan siswa, melaksanakan kegiatan inti yang menggunakan pendekatan saintifik, dan melakukan refleksi. Terakhir guru juga masih kesulitan dalam melakukan penilaian yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kata kunci :implementasi, kurikulum 2013, kesulitan %A Bakti Priana