TY - THES Y1 - 2017/08/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran anak bekebutuhan khusus tunalaras kelas III di sekolah inklusi SD Negeri Margosari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Pelaksanaan pembelajaran meliputi pengelolaan kegiatan kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi dan tindak lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilaksanakan di kelas III SD Negeri Margosari. Subjek penelitiannya adalah guru kelas III dan anak berkebutuhan khusus tunalaras. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran anak tunalaras dan lainnya adalah sama dengan anak lainnya. Hal tersebut terlihat dari pengelolaan kegiatan kelas, guru menggunakan waktu sesuai jadwal, guru menunjukkan sikap tanggap terhadap anak tunalaras, guru tidak mengatur tempat duduk dan tidak membuat jadwal belajar kelompok. Proses perencanaan pembelajaran, guru masih menggunakan RPP reguler, belum ada tujuan khusus pembelajaran bagi anak tunalaras. Pelaksanaan pembelajaran mulai dari apersepsi, motivasi, penggunaan metode, media, dilaksanakan secara klasikal. Bentuk evaluasi yang diberikan juga sama. Tidak terdapat program khusus berupa program remidial, dan pengayaan, serta jam tambahan bagi anak tunalaras. Komunikasi antar individu dilakukan dengan menjalin kerjasama pihak sekolah dengan orang tua serta masyarakat. Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Anak Tunalaras, Sekolah Inklusi PB - PGSD A1 - Rochmah, Annisatur AV - restricted TI - PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNALARAS KELAS III DI SEKOLAH INKLUSI SD NEGERI MARGOSARI KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO M1 - skripsi ID - UNY51848 UR - http://eprints.uny.ac.id/51848/ ER -