@phdthesis{UNY51843, school = {PGSD}, year = {2017}, month = {August}, author = {Wahyu Dias Pamungkassari}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 AMBALRESMI AMBAL KEBUMEN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51843/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SD Negeri 2 Ambalresmi, Ambal, Kebumen. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri 2 Ambalresmi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis and Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 2 Ambalresmi, Ambal, Kebumen yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskripstif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan yang terlihat dari perhatian siswa meningkat dan siswa tampak senang. Hal ini tampak pada siswa memperhatikan dengan sungguh-sungguh pada saat guru memberi contoh cara membaca dengan benar. Di samping itu antusias siswa meningkat tampak pada banyaknya siswa yang berkeinginan membaca di depan kelas secara mandiri. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan pada siklus I sebesar 5,7, yang kondisi awal 68,6 meningkat menjadi 74,3, dan pada siklus II meningkat sebesar 12 yang kondisi awal 68,6 menjadi 80,6. Kata kunci : membaca permulaan, media flashcard, Siswa Kelas 1 SD} }