@techreport{UNY51795,
            year = {2016},
            type = {Project Report},
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
          author = {Achmad Fadhilah Achmad Fadhilah},
           title = {LAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
Periode 18 Juli ? 15 September 2016},
         journal = {Laporan PPL},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/51795/},
        keywords = {Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Geografi, SMA Negeri 2
Klaten,},
        abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu bentuk
pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara
langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis
maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan
mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan
keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan.
Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi
sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan
pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMA
Negeri 2 Klaten, dilaksanakan pada tanggal 18 Juli sampai dengan 15 September
2016.
Sebelum merencanakan dan menyusun program PPL, dilakukan observasi,
pembelajaran di kelas maupun kondisi fisik sekolah. Kegiatan PPL ini berupaya
untuk meningkatkan kemampuan mengajar khususnya mencakup variabel
dinamis, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan
merancang pembelajaran mulai dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media,
strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi pembelajaran. PPL sebagai muara
dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. PPL dilaksanakan secara
terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai
bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara
bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro
teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Melalui PPL, mahasiswa
vii
calon guru diterjunkan ke sekolah untuk mengamati, mengenal dan belajar
mempraktikkan semua kompetensi mengajar yang telah dipelajari di bangku
kuliah, sehingga mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di
lapangan dengan bimbingan dan arahan dari guru pembimbing, dosen
pembimbing dan koordinator PPL di Sekolah. Dalam kegiatan PPL di SMA
Negeri 2 Klaten, penyusun mendapatkan kesempatan praktik mengajar di kelas X
IPA 1,2,3,4,5,6 dan XI IPS 1. Materi yang diajarkan kepada peserta didik kelas X
yaitu materi pengetahuan dasar geografi. Materi untuk kelas XI yaitu mengenai
persebaran Fauna dan Konservasi Flora dan Fauna. Semua materi kelas X dan XI
tersampaikan dengan lancar.}
}