eprintid: 51778 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/17/78 datestamp: 2017-08-09 07:46:07 lastmod: 2019-10-01 11:34:19 status_changed: 2017-08-09 07:46:07 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Cucu Cahyaningsih, Cucu Cahyaningsih title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 3 KLATEN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Fisika, SMA 3 Klaten abstract: Pelaksanaan PraktekPengalamanLapangan (PPL)merupakansalahsatumata kuliah praktekyangwajib ditempuh olehmahasiswasebagai salah satusyaratdalam menyelesikan gelarsebagaisarjanapendidikanselainpelaksanaanKKNdanTugas AkhirsertaSkripsi di UniversitasNegeri Yogyakarta.Visidari PraktekPengalaman Lapangan (PPL)adalah wahanapembentukan calon guruatau tenagakependidikan yangprofessional. Secaraumum,pelaksanaanPPLmeliputiempattahapanyaitu:tahappersiapan, pelaksanaan,evaluasi dan penyusunanlaporan.Tahapan pelaksanaan PPLmeliputi tahap pembekalan,penerjunan,dan praktikmengajar.PelaksanaanprogramPPL dimulaidaritanggal18 Juli – 15 September 2016 di SMA N 3 Klaten.Pelaksanaanprogramdiisidenganobservasikelas,konsultasi,pembuatan administrasi guru(membuatsoal praktikakuntansi perusahaanjasa,membuatsoal evaluasi,membuatagendaharian,membantuadministrasi guru,membuatRPP,dan membuatmateri ajar),praktikmengajardanevaluasi.Dalam praktikmengajar,kelas yangdiampuadalahkelasXI MIPA 3, XI MIPA 4 dan XIMIPA 5.Evaluasimeliputi pembuatansoal praktikumdanteorisertapembuatantugas untuksiswa. SecaraumumProgramPPLdapatdilaksanakandenganbaikdanlancartanpa mengalamisuatuhambatanyangberarti.Padarealisasinyakegiatan berjalan sesuai dengan targetyangsudah direncanakan.Kegiatan PPLini dilaksanakan padasaat KegiatanBelajarMengajar(KBM)berlangsung.Manfaatyangdiperolehdarikegiatan PPLadalah meningkatkankemampuandalam menerapkan ilmu pengetahuandan keterampilanyang telah diperoleh dibangkukuliah sekaligusmemperluaswawasan danpengalamantentangkegiatanpendidikandankegiatanyangmenunjangkelancaran prosesbelajar-mengajardisekolah.Sebagaiupayapeningkatan kualitasdan profesionalitastenagapengajar,kegiatan PPLperluditingkatkan denganmembina hubunganantarlembagapendidikanyangterkait. Program-program yang telah terlaksana merupakan indikasi keberhasilansemuapihakyang terkait.SetelahmasaPPL,diharapakan pihaksiswa akan terusberusahaberkaryauntukmengembangkanbakatdan kemampuannyadi semuabidang,menemukan carabelajaryangefektif,danberorganisasi dengan dibimbing olehguru pembimbing. Keberhasilan pelaksanaanPPL ini, hendaknya disikapi oleh pihakUniversitasNegeri Yogyakartadenganmeningkatkanjalinan komunikasidan kerjasamadengan SMA N 3 Klaten,agarpelaksanaanPPL dimasamendatangakanlebihbaikdanbermanfaatbagipengembangansekolah, siswa danmahasiswapraktikan. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Cucu Cahyaningsih, Cucu Cahyaningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 3 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51778/1/Cucu%20Cahyaningsih.pdf