?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F51778%2F&rft.title=LAPORAN+INDIVIDU%0D%0APRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN%0D%0AUNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA%0D%0ADI+SMA+NEGERI+3+KLATEN&rft.creator=Cucu+Cahyaningsih%2C+Cucu+Cahyaningsih&rft.subject=LPPMP&rft.description=Pelaksanaan+PraktekPengalamanLapangan+(PPL)merupakansalahsatumata%0D%0Akuliah+praktekyangwajib+ditempuh+olehmahasiswasebagai+salah+satusyaratdalam%0D%0Amenyelesikan+gelarsebagaisarjanapendidikanselainpelaksanaanKKNdanTugas%0D%0AAkhirsertaSkripsi+di+UniversitasNegeri+Yogyakarta.Visidari+PraktekPengalaman%0D%0ALapangan+(PPL)adalah+wahanapembentukan+calon+guruatau+tenagakependidikan%0D%0Ayangprofessional.%0D%0ASecaraumum%2CpelaksanaanPPLmeliputiempattahapanyaitu%3Atahappersiapan%2C%0D%0Apelaksanaan%2Cevaluasi+dan+penyusunanlaporan.Tahapan+pelaksanaan+PPLmeliputi%0D%0Atahap+pembekalan%2Cpenerjunan%2Cdan+praktikmengajar.PelaksanaanprogramPPL%0D%0Adimulaidaritanggal18+Juli+%E2%80%93+15+September+2016+di+SMA+N+3%0D%0AKlaten.Pelaksanaanprogramdiisidenganobservasikelas%2Ckonsultasi%2Cpembuatan%0D%0Aadministrasi+guru(membuatsoal+praktikakuntansi+perusahaanjasa%2Cmembuatsoal%0D%0Aevaluasi%2Cmembuatagendaharian%2Cmembantuadministrasi+guru%2CmembuatRPP%2Cdan%0D%0Amembuatmateri+ajar)%2Cpraktikmengajardanevaluasi.Dalam+praktikmengajar%2Ckelas%0D%0AyangdiampuadalahkelasXI+MIPA+3%2C+XI+MIPA+4+dan+XIMIPA+5.Evaluasimeliputi%0D%0Apembuatansoal+praktikumdanteorisertapembuatantugas+untuksiswa.%0D%0ASecaraumumProgramPPLdapatdilaksanakandenganbaikdanlancartanpa%0D%0Amengalamisuatuhambatanyangberarti.Padarealisasinyakegiatan+berjalan+sesuai%0D%0Adengan+targetyangsudah+direncanakan.Kegiatan+PPLini+dilaksanakan+padasaat%0D%0AKegiatanBelajarMengajar(KBM)berlangsung.Manfaatyangdiperolehdarikegiatan%0D%0APPLadalah+meningkatkankemampuandalam+menerapkan+ilmu+pengetahuandan%0D%0Aketerampilanyang+telah+diperoleh+dibangkukuliah+sekaligusmemperluaswawasan%0D%0Adanpengalamantentangkegiatanpendidikandankegiatanyangmenunjangkelancaran%0D%0Aprosesbelajar-mengajardisekolah.Sebagaiupayapeningkatan+kualitasdan%0D%0Aprofesionalitastenagapengajar%2Ckegiatan+PPLperluditingkatkan+denganmembina%0D%0Ahubunganantarlembagapendidikanyangterkait.%0D%0AProgram-program+yang+telah+terlaksana+merupakan+indikasi%0D%0Akeberhasilansemuapihakyang+terkait.SetelahmasaPPL%2Cdiharapakan+pihaksiswa+akan%0D%0Aterusberusahaberkaryauntukmengembangkanbakatdan+kemampuannyadi%0D%0Asemuabidang%2Cmenemukan+carabelajaryangefektif%2Cdanberorganisasi+dengan+dibimbing%0D%0Aolehguru+pembimbing.+Keberhasilan+pelaksanaanPPL+ini%2C+hendaknya+disikapi+oleh%0D%0ApihakUniversitasNegeri+Yogyakartadenganmeningkatkanjalinan+komunikasidan%0D%0Akerjasamadengan+SMA+N+3+Klaten%2CagarpelaksanaanPPL%0D%0Adimasamendatangakanlebihbaikdanbermanfaatbagipengembangansekolah%2C+siswa%0D%0Adanmahasiswapraktikan.&rft.publisher=LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta&rft.date=2016&rft.type=Monograph&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F51778%2F1%2FCucu%2520Cahyaningsih.pdf&rft.identifier=++Cucu+Cahyaningsih%2C+Cucu+Cahyaningsih++(2016)+LAPORAN+INDIVIDU+PRAKTIK+PENGALAMAN+LAPANGAN+UNIVERSITAS+NEGERI+YOGYAKARTA+DI+SMA+NEGERI+3+KLATEN.++Project+Report.+LPPMP%2C+Universitas+Negeri+Yogyakarta.+++++