@techreport{UNY51778, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, type = {Project Report}, author = {Cucu Cahyaningsih Cucu Cahyaningsih}, year = {2016}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMA NEGERI 3 KLATEN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51778/}, abstract = {Pelaksanaan PraktekPengalamanLapangan (PPL)merupakansalahsatumata kuliah praktekyangwajib ditempuh olehmahasiswasebagai salah satusyaratdalam menyelesikan gelarsebagaisarjanapendidikanselainpelaksanaanKKNdanTugas AkhirsertaSkripsi di UniversitasNegeri Yogyakarta.Visidari PraktekPengalaman Lapangan (PPL)adalah wahanapembentukan calon guruatau tenagakependidikan yangprofessional. Secaraumum,pelaksanaanPPLmeliputiempattahapanyaitu:tahappersiapan, pelaksanaan,evaluasi dan penyusunanlaporan.Tahapan pelaksanaan PPLmeliputi tahap pembekalan,penerjunan,dan praktikmengajar.PelaksanaanprogramPPL dimulaidaritanggal18 Juli ? 15 September 2016 di SMA N 3 Klaten.Pelaksanaanprogramdiisidenganobservasikelas,konsultasi,pembuatan administrasi guru(membuatsoal praktikakuntansi perusahaanjasa,membuatsoal evaluasi,membuatagendaharian,membantuadministrasi guru,membuatRPP,dan membuatmateri ajar),praktikmengajardanevaluasi.Dalam praktikmengajar,kelas yangdiampuadalahkelasXI MIPA 3, XI MIPA 4 dan XIMIPA 5.Evaluasimeliputi pembuatansoal praktikumdanteorisertapembuatantugas untuksiswa. SecaraumumProgramPPLdapatdilaksanakandenganbaikdanlancartanpa mengalamisuatuhambatanyangberarti.Padarealisasinyakegiatan berjalan sesuai dengan targetyangsudah direncanakan.Kegiatan PPLini dilaksanakan padasaat KegiatanBelajarMengajar(KBM)berlangsung.Manfaatyangdiperolehdarikegiatan PPLadalah meningkatkankemampuandalam menerapkan ilmu pengetahuandan keterampilanyang telah diperoleh dibangkukuliah sekaligusmemperluaswawasan danpengalamantentangkegiatanpendidikandankegiatanyangmenunjangkelancaran prosesbelajar-mengajardisekolah.Sebagaiupayapeningkatan kualitasdan profesionalitastenagapengajar,kegiatan PPLperluditingkatkan denganmembina hubunganantarlembagapendidikanyangterkait. Program-program yang telah terlaksana merupakan indikasi keberhasilansemuapihakyang terkait.SetelahmasaPPL,diharapakan pihaksiswa akan terusberusahaberkaryauntukmengembangkanbakatdan kemampuannyadi semuabidang,menemukan carabelajaryangefektif,danberorganisasi dengan dibimbing olehguru pembimbing. Keberhasilan pelaksanaanPPL ini, hendaknya disikapi oleh pihakUniversitasNegeri Yogyakartadenganmeningkatkanjalinan komunikasidan kerjasamadengan SMA N 3 Klaten,agarpelaksanaanPPL dimasamendatangakanlebihbaikdanbermanfaatbagipengembangansekolah, siswa danmahasiswapraktikan.}, keywords = {Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan, Fisika, SMA 3 Klaten} }