%0 Report %9 Project Report %A Maladewi, Nur %D 2016 %F UNY:51737 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul, Guru Pendamping ABK %T REKAPITULASI DATA GURU PENDAMPING ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) SD SE- KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2016 %U http://eprints.uny.ac.id/51737/ %X Praktik Pengalaman lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat menberi dan menerima berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidik profesional. PPL II Jurusan Administrasi Pendidikan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli – 15 September 2016 dengan nama lokasi Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul yang beralamat di Jalan Pemuda No. 32, Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten terdiri dari Sub Bagian Perencanaan, Keuangan, dan Umum, serta enam bidang yang terdiri dari Bidang Perencanaan, Pendidikan TK & SD, PLP, Dikmen, PAUDNI, dan Pemuda dan Olahraga. Ke enam bidang tersebut masih terbagi menjadi beberapa sie lagi. Penulis ditempatkan pada bidang Pendidikan TK dan SD, , berfokus pada sie bina pendidik dan kurikulum dengan mengangkat program utama “Rekapitulasi data Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SD Se- Kabupaten Gunungkidul”, Program penunjang “Rekapitulasi data Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SMP, Rekapitulasi data Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)SMA/SMK, Rekaptulasi data Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SD, Rekaptulasi data Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SMP, Rekaptulasi data Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) SMA/SMK Se- Kabupaten Gunungkidul. Selanjutnya, melaksanakan 34 program PPL tambahan, dan 2 program PPL individu insidental. Pada pelaksanaannya, program PPL di sie bina pendidik dan kurikulum bidang pendidikan TK dan SD dapat berjalan dengan baik, beberapa kendala dapat diselesaikan dengan kerja sama dan komunikasi yang baik dengan pembimbing lembaga, pegawai bidang dan mahasiswa PPL, serta bimbingan dari dosen lapangan. %Z Mada Sutapa, SIP., M.Si (Dosen Pembimbing) | Sri Andari, M.Pd (Pembimbing Lapangan )