eprintid: 51687 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/16/87 datestamp: 2017-08-08 07:32:59 lastmod: 2019-10-01 11:35:34 status_changed: 2017-08-08 07:32:59 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Fauzul Muna Afani, Fauzul Muna Afani title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci: PPL, SMA Negeri 1 Jogonalan, Pendidikan Matematika abstract: Sebagai calon pendidik diperlukan pengembangan pengajaran sebagai bekal untuk masa mendatang. Maka dari itu dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tujuan dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini adalah melatih dan menyiapkan mahasiswa dalam rangka menerapkan ilmu dan kemampuan yang dimilikinya dalam proses belajar mengajar sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. SMA N 1 Jogonalan, Klaten menjadi salah satu pilihan pelaksanaanprogram PPL pada semester khusus tahun 2016. Dengan adanya pembaharuan kurikulum, yaitu kurikulum 2013, matematika dibagi menjadi 2 yaitu matematika wajib dan matematiika peminatan. Pengajaran matematika wajib kelas X MIA di SMA N 1 Jogonalan yang meliputi kelas X MIA1 dan XMIA 4. Pengajaran berlangsung dua bulan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli –15 September 2016. Penggunaan media pengajaran yang modern bertujuan untuk memotivasi siswa agar lebih tertarik dalam belajar matematika. Pengajaran dilakukan 1 kali dalam seminggu yakni setiap hari kamis selama dua bulan. Materi yang diajarkan untuk kelas X MIA yaitu Persamaan Mutlak Linear Satu Variabel, Sistem Persamaan Linar Tiga Variabel dan Fungsi. Praktik mengajar yang berlangsung selama dua bulan ini memberikan banyak manfaat yang belum pernah di dapat oleh praktikan selama di bangku perkuliahan.Praktikan mendaptkan pengalaman mengajar di dalam kelas, tindakan kelas dan cara memotivasi siswa dengan baik. Berbagai manfaat tersebut dapat menjadi bekal praktikan kelak ketika terjun didunia kependidikan. Selama pelaksanaan PPL tentu tidak terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya motivasi dari guru pembimbimg lapangan, dosen pembimbing lapangan, guru lain dan teman-teman satu tim dengan kerjasama yang baik maka semua hambatan teratasi. Selain itu, program ini juga diharapkan mampu bermanfaat bagi pihak sekolah maupun mahasiswa khususnya praktikan guna mengembangkan kompetensinya date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Fauzul Muna Afani, Fauzul Muna Afani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMA NEGERI 1 JOGONALAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51687/1/13301241010_Fauzul%20Muna%20Afani.pdf