@techreport{UNY51663, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2016}, type = {Project Report}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI SAMPAI 15 SEPTEMBER 2016 SMP N 1 PATUK}, author = {Isna Alfiyah}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51663/}, keywords = {PPL, SMPN 1 Patuk}, abstract = {Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah lapangan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program studi pendidikan dan merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung satu dengan yang lainnya dalam rangka mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Patuk dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2016 ? 15 September 2016. Penyelenggara program PPL secara terpadu bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bagus dan bermutu, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Tujuan lain adalah memberikan gambaran dan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam hal alokasi waktu, perencanaan program, pengelolaan, dan pendanaan yang efektif dan efisien. Mahasiswa dalam pelaksanaan PPL melalui beberapa tahap yaitu pertama observasi kesekolah dengan melihat secara langsung KMB yang dilakukan oleh guru bidang studi sesuai disiplin ilmunya masing ? masing. Kemudian dilaksanakan microteaching yaitu kegiatan mengajar dikampus bersama dosen mikro dan para mahasiswa dalam rangka persiapan praktik mengajar disekolah. Selama PPL, mahasiswa diberikan kesempatan praktik mengajar Seni Rupa di kelas di kelas VIIA, VIIB, VIIIA, VIIIB dan VIIID sesuai kebijakan yang diberikan oleh guru pembimbing. Selain itu, mahasiswa PPL juga menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mempelajari administrasi guru, serta mempelajari kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Program ? program tersebut dilaksanakan selama kegiatan PPL berlangsung. Hasil kegiatan PPL memberikan cukup pengalaman bagi praktikan untuk mengajar. Pelaksanaan PPL dirasa dapat memberikan bekal pada praktikan mengenai bagaimana menjadi guru yang memiliki dedikasi dan loyalitas pada instuisi. Hal penting yang garus dicapai dalam pembelajaran adalah dapat berlangsung secara optimal.} }