eprintid: 51632 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/16/32 datestamp: 2017-08-08 02:42:49 lastmod: 2019-10-01 11:33:52 status_changed: 2017-08-08 02:42:49 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ary Setyaningsih, Ary Setyaningsih title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TEGALMAS, PRAWATAN, JOGONALAN, KLATEN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci : PPL, Pembelajaran, SMK Negeri 1 Jogonalan, abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Tujuan dilaksakannya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kepada Mahasiswa dalam bidang pembelajaran, manajerial dan teknik mengajar di sekolah atau lembaga lain dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 yang bertempat di SMK Negeri 1 Jogonalan. Sebagai calon pendidik diperlukan pengembangan pengajaran sebagai bekal untuk masa mendatang. Maka dari itu dilaksanakannya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan mengajar. Dengan diwajibkannya menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini diharapkan mahasiswa lebih profesional dalam melaksanakan tugas sebagai tenaga pendidik. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang mempunyai nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan. PPL dilaksanakan untuk mengasah empat (4) kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Selama dua bulan mahasiswa melaksanakan PPL, mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar dan dapat berinteraksi secara langsung dengan siswa. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya mahasiswa menjumpai beberapa hambatan dalam pembelajaran. Beberapa hambatan tersebut antara lain: jadwal pembelajaran yang bertubrukan dan kurangnya pemahaman siswa mengenai materi. Akan tetapi praktikan mendapatkan masukan dari dosen pembimbing, guru pembimbng dan teman-teman dalam satu kelompok PPL sehingga hambatanhambatan tersebut dapat diatasi. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Kegiatan tersebut meliputi: pembuatan RPP, penilaian siswa, anggaran dana untuk kegiatan pembelajaran dan pembagian waktu untuk pembelajaran. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ary Setyaningsih, Ary Setyaningsih (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 1 JOGONALAN TEGALMAS, PRAWATAN, JOGONALAN, KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51632/1/ARY%20SETYANINGSIH_13601241087_POR.pdf