@phdthesis{UNY51539, month = {July}, title = {MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN (1-10) MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA KELOMPOK A DI TK PKK 106 MERTEN SANDEN BANTUL}, author = {Fauziah Rizqi Noor Arinda}, school = {PAUD}, year = {2017}, abstract = {Kemampuan berhitung anak Kelompok A belum optimal karena pembelajaran belum menggunakan media objek nyata. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui media papan flanel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak TK Kelompok A usia 4-5 tahun yang berjumlah 18 anak, terdiri dari 7 laki-laki dan 11 perempuan di TK PKK 106 Merten. Obyek penelitian ini yaitu kemampuan berhitung (1-10) melalui media papan flanel. Metode pengumpulan data adalah observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase disetiap indikator yang dinilai. Berdasarkan kriteria Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) maka persentase pencapaian anak dalam satu kelas untuk indikator membilang dengan menunjuk benda (1-10) pada pra siklus yaitu 50\% (MB), Siklus I 70,82\% (BSH) dan Siklus II 90,3\% (BSB). Indikator membuat urutan bilangan (1-10) pada pra siklus 44,44\% (MB), Siklus I 64,58\% (BSH) dan Siklus II 83,63\% (BSB). Indikator menunjukkan lambang bilangan (1-10) pada pra siklus 45,83\% (MB), Siklus I 68,05\% (BSH) dan Siklus II 88,19\% (BSB). Indikator memasangkan benda dengan lambang bilangan (1-10) pada pra siklus 38,88\% (MB), Siklus I 62,49\% (BSH) dan Siklus II 84,34\% (BSB). Dapat disimpulkan bahwa media papan flanel meningkatkan kemampuan berhitung anak. Kata kunci: berhitung permulaan, papan flanel, TK Kelompok A}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51539/} }