eprintid: 51523 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/15/23 datestamp: 2017-08-07 01:08:46 lastmod: 2019-10-01 11:37:22 status_changed: 2017-08-07 01:08:46 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Mahanani Tri Utami, Mahanani Tri Utami title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), peserta didik, SMP N 1 Tempel abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoritis yang telah diterima di perkuliahan dan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual. Kegiatan PPL ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan secara profesional, maka pelaksanaan PPL ini akan sangat membantu mahasiswa dalam memasuki dunia kependidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang digunakan sebagai pendidik. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMP N 1 Tempel. . PPL dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tempel yang beralamat di Jalan Magelang km 17, Ngebong, Tempel, Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta selama dua bulan sejak 15 Juli sampai 15 September 2016. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pelaksanaan praktik mengajar dilaksanakan di kelas VII B, VII C dan VII E dengan berbagai karakteristik anak-anak yang berbeda di setiap kelasnya. Metode yang digunakan yaitu ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan penugasan. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media yaitu powerpoint, video tutorial menggambar dan karya mahasiswa. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pengalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Mahanani Tri Utami, Mahanani Tri Utami (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51523/1/MAHANANI%20TRI%20UTAMI_PEND%20SENI%20RUPA_FBS.pdf