eprintid: 51516 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/15/16 datestamp: 2017-08-07 00:46:28 lastmod: 2019-10-01 11:39:33 status_changed: 2017-08-08 07:45:34 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Rifa’i, Ahmad title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP N 1 Tempel ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci : PPL, praktik mengajar, dan mahasiswa abstract: Lembaga atau instansi yang menghasilkan tenaga kependidikan dituntut untuk bisa memberikan pengalaman mengajar kepada mahasiswanya. Pengalaman itu diperlukan agar nantinya ketika mahasiswa sudah lulus dari perguruan tinggi sudah memiliki pengalaman yang cukup mumpuni. Pengalaman mengajar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) diberikan melalui program Praktik Pengalaman Lapangan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu pembelajaran kepada mahasiswa untuk terjun dalam dunia kependidikan yang nyata. Mahasiswa dituntut untuk bisa melakukan tugas dan kewajiban sebaai guru di sekolah. Selain menjadi guru, mahasiswa juga disiapkan untuk bisa memenuhi tugas administrasi sebelum pelaksanaan pembelajaran dikelas seperti pembuatan Program Tahunan (Prota), Proram Semester (Prosem), Silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP). PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Tempel yang terletak di Kabupaten Sleman. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL. Dari hasil observasi yang dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2016 diketahui beberapa permasalahan di sekolah maupun potensi yang masih dapat dikembangkan. Adapun Kegiatan PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan analisis hasil. Praktik mengajar dilaksanakan mulai 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 28 kali. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIII A, B, C dan D. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan lebih di SMP Negeri 1 Tempel ini dapat dipetik hasilnya berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang diperoleh di bangku perkuliahan. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Rifa’i, Ahmad (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMP N 1 Tempel. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51516/1/AKHMAD%20RIFA%27I_PBSI_FBS.pdf