TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Kretek tahun 2016/2017. Sampel penelitian dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan model Problem Based Learning dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan model ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari soal pretest dan posttest, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Uji keefektifan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan: 1) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa, 2) model Problem Based Learning efektif ditinjau dari kemampuan kemampuan komunikasi matematis siswa, 3) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa, 4) model ekspositori tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci : Problem Based Learning¸berpikir kritis, komunikasi matematis Y1 - 2017/07/13/ PB - UNY A1 - Sari, Mifta Tyas Laksita AV - restricted TI - KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK M1 - skripsi ID - UNY51461 UR - http://eprints.uny.ac.id/51461/ ER -