%D 2017 %L UNY51417 %I UNY %A Naja Nusaibah %A Nila Mareta Murdiyani %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kriteri kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi lingkaran untuk siswa kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran ini diujikan kepada 32 siswa kelas VIII E MTsN Yogyakarta 1. Data dikumpulkan dengan observasi, lembar penilaian RPP, lembar penilaian LKS, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Hasil penilaian perangkat pembelajaan dilakukan oleh dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penilaian perangkat pembelajaran ini menggunakan lembar penilaian dengan skala Likert 1-4. Hasil penilaian RPP menunjukkan skor 3,82 dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil penilaian LKS menunjukkan skor 3,35 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian kepraktisan dari data angket respon siswa diperoleh skor 2,81 dengan kriteria praktis. Penilaian keefektifan menurut tes hasil belajar siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebesar 78,13 % dengan KKM 70 dan nilai rata-rata kelas diperoleh 78. Sedangkan penilaian keefektifan berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh skor 3,82 dengan kriteria efektif. Sehingga perangkat pembelajaran dikatakan efektif. Kata kunci: perangkat pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, lingkaran, ADDIE. %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI LINGKARAN UNTUK SISWA KELAS VIII SMP