@techreport{UNY51389, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Mega Dellawayi Mega Dellawayi}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL UNY 2016) LOKASI SMA N 1 MERTOYUDAN}, keywords = {Kata Kunci : PPL, Pembelajaran, Bahasa Perancis.}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu program kegiatan untuk mahasiswa jurusan kependidikan sebagai pelengkap kompetensi calon pendidik. Melalui PPL mahasiswa memperoleh pengalaman yang berkaitan dengan proses mengajar maupun administrasi sekolah, selain itu dengan PPL para mahasiswa dapat melatih kesiapan dan mental dalam menghadapi suasana kelas maupun diluar kelas, karena dapat terjun langsung dalam proses di sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan telah dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mertoyudan, Magelang mulai Senin, 18 Juli 2016 hingga Kamis, 15 September 2016. Berkaitan dengan kebijakan pemerintah Jawa Tengah, khususnya di Magelang, kegiatan belajar mengajar menjadi 5 hari kerja. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan pra-PPL yaitu pembekalan yang dilakukan oleh jurusan masing-masing, pembelajaran micro teaching guna mempersiapkan praktik mengajar, dan observasi sekolah sehingga memperoleh gambaran tentang kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Mertoyudan. Hasil yang dicapai selama pelaksaan PPL adalah terlaksananya program-progam PPL yang direncakan. Program yang telah dilaksanakan antara lain: Pembuatan Perangkat Pembelajaran, Pembuatan Media Pembelajaran, Praktik mengajar kelas X IPA 4, XI IPA 1, dan XII IPA 4 kelas perminatan bahasa Perancis. Serangkaian program kerja PPL SMA Negeri 1 Mertoyudan telah terlaksana dengan baik, meski terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya pengetahuan dalam pembuatan Perangkat Pembelajaran yang dapat diatasi dengan berkonsultasi dengan Guru Pembimbing. Selain itu program mengajar di kelas memiliki tantangan juga dengan penyesuaian karakter peserta didik yang berbeda-beda..}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51389/} }