%0 Report
%9 Project Report
%A Dian Faqih Nur Amala, Dian Faqih Nur Amala
%D 2016
%F UNY:51377
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%K Kata Kunci : PPL, Seni Rupa, SMP Negeri 1Wates.
%T LAPORAN INDIVIDU  PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN  (PPL)  DI SMP NEGERI 1 WATES
%U http://eprints.uny.ac.id/51377/
%X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang  bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas  kependidikan baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan  evaluasi pembelajaran. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun  kegiatan administrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini merupakan salah satu bentuk  pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara  langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis  maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan  mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan  keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan.  Program KKN-PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15  September 2016.  Sebelum merencanakan dan menyusun program KKN-PPL, dilakukan  observasi, yang berupa observasi fisik dan non fisik serta observasi pembelajaran  di kelas. Program KKN diantaranya adalah pengadaan media pembelajaran.  Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada  saat KBM di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu  membuat satuan program diklat yang berfungsi sebagai acuan dalam  melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan  praktik mengajar sejumlah 3 kelas dan dilaksanakan setiap hari Senin (jam ke 3-4  dan 6-7) di kelas VIII D dan VII A, Selasa (jam ke 4, dan jam ke 5-6) di kelas VII  B, Jum’at mengajar kelas VII A dan VIII D ( Jam ke 3 dan 4). PPL dilaksanakan  secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam  berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah  dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan  kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar  Hasil yang diperoleh selama kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata  dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai  karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar  mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan  belajar menjadi seorang guru yang professional yang mampu menjawab tantangan  dunia pendidikan di masa yang akan datang.