@techreport{UNY51377,
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
            type = {Project Report},
            year = {2016},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
         journal = {Laporan PPL},
          author = {Dian Faqih Nur Amala Dian Faqih Nur Amala},
           title = {LAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
(PPL)
DI SMP NEGERI 1 WATES},
        abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang
bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang menyangkut tugas
kependidikan baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktik mengajar dan
evaluasi pembelajaran. Baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun
kegiatan administrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini merupakan salah satu bentuk
pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara
langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis
maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan
mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan
keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan.
Program KKN-PPL ini dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15
September 2016.
Sebelum merencanakan dan menyusun program KKN-PPL, dilakukan
observasi, yang berupa observasi fisik dan non fisik serta observasi pembelajaran
di kelas. Program KKN diantaranya adalah pengadaan media pembelajaran.
Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada
saat KBM di kelas berlangsung dan pembuatan persiapan mengajar yaitu
membuat satuan program diklat yang berfungsi sebagai acuan dalam
melaksanakan KBM di kelas agar berjalan lebih efektif dan efisien. Kegiatan
praktik mengajar sejumlah 3 kelas dan dilaksanakan setiap hari Senin (jam ke 3-4
dan 6-7) di kelas VIII D dan VII A, Selasa (jam ke 4, dan jam ke 5-6) di kelas VII
B, Jum?at mengajar kelas VII A dan VIII D ( Jam ke 3 dan 4). PPL dilaksanakan
secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam
berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah
dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan
kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar
Hasil yang diperoleh selama kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata
dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai
karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar
mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan
belajar menjadi seorang guru yang professional yang mampu menjawab tantangan
dunia pendidikan di masa yang akan datang.},
        keywords = {Kata Kunci : PPL, Seni Rupa, SMP Negeri 1Wates.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/51377/}
}