eprintid: 51331 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/13/31 datestamp: 2017-07-31 01:25:16 lastmod: 2019-10-01 11:42:28 status_changed: 2017-07-31 01:25:16 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Vizensia Nungki Arsanti, Vizensia Nungki Arsanti title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI : SMA N 1 WATES ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata kunci : PPL, kegiatan pembelajaran, hasil PPL abstract: PPL UNY di SMA N 1 Wates merupakan salah satu program kegiatan yang dilaksanakan oleh PP PPL dan PKL LPPMP UNY untuk mahasiswa UNY dalam penerapan pendidikan akademik yang diwujudkan dalam kegiatan langsung mahasiswa di lembaga pendidikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dapat meningkatkan kedewasaan dan profesionalitas mahasiswa untuk memperbaharui dan mewujudkan tatanan kehidupan bermasyarakat (dalam hal ini dunia pendidikan) yang lebih baik, Salah satunya adalah dengan pelaksanaan serangkaian program PPL UNY di SMA N 1 Wates tahun 2016 ini. SMA N 1 Wates terletak di Jalan Terbahsari 1 Wates, Kulon Progo. Lokasi SMA N 1 Wates berada di wilayah pusat kota Wates dan dekat dengan Alun-Alun Kota Wates. Di sekolah ini mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga, dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program sekolah. TIM PPL UNY dapat berperan sebagai inovator, motivator, mediator sekaligus problem solver bagi SMA N 1 Wates. PPL di SMA N 1 Wates ini memiliki beberapa kegiatan yang bertujuan untuk memajukan lembaga sekolah. Selama pelaksanaan PPL ini mahasiswa juga diharapkan dapat terlatih kemampuannya dalam hal administrasi yang ada di lembaga sekolah, kegiatan siswa dan guru serta ikut dalam perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan lembaga sekolah yang bersangkutan. Sebelum kegiatan PPL berlangsung mahasiswa melaksanakan kegiatan praPPL yaitu melakukan observasi sehingga dapat memperoleh gambaran tentang aktifitas dan keadaan fisik sekolah untuk menentukan program kerja yang akan dilaksanakan nantinya. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar sebanyak 16 kali, dalam praktiknya penyusun telah mengajar sebanyak 15 pertemuan dengan alokasi masing-masing pertemuan 90 menit dalam dua jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu perencanaan penyusunan perangkat pembelajaran , proses pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing khususnya bidang fisika. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Vizensia Nungki Arsanti, Vizensia Nungki Arsanti (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 15 JULI – 15 SEPTEMBER 2016 LOKASI : SMA N 1 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51331/1/PPL_Vizensia%20Nungki%20Arsanty_13302241072_SMA%20N%201%20WATES.pdf