@techreport{UNY51310, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, year = {2016}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {Laporan PPL}, author = {Erlanda Bayu Pratama Erlanda Bayu Pratama}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 NANGGULAN}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51310/}, keywords = {Kata Kunci : PPL, SMK Negeri 1 Nanggulan, Praktik Mengajar, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satu mata kuliah lapangan yang bersifat intrakulikuler. Oleh karena pelaksanaan PPL yang langsung berinteraksi dengan peserta didik, maka dibutuhkan persiapan yang matang. Maka dari itu, pihak Universitas Negeri Yogyakarta memberikan pembekalan khusus tentang pelaksanaan PPL dalam menyiapkan tenaga pendidik. Pengetahuan dan keterampilan diberikan untuk mahasiswa sebagai bekal dalam menghadapi dunia kerja di bidang pendidikan secara khusus dan dunia kerja secara umum. Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Nanggulan yang beralamatkan di Jl. Gajah Mada, Wijimulyo, Nanggulan, Kulon Progo, DI Yogyakarta adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan PPL mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta selama {$\pm$} 2 bulan. Kegiatan PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan tanggal 15 September 2016 dan dilaksanakan pada hari Senin sampai hari Jumat saja. Dalam kegiatan PPL, mahasiswa melakukan kegiatan mengajar yang terbimbing. Mahasiswa menjalankan program mengajar terbimbing minimal 4 kali dan mengajar mandiri minimal 4 kali. Metode yang digunakan dalam mengajar beragam, seperti metode latihan, tanya jawab, ceramah, komando dan demonstrasi. Praktikan telah menyelesaikan tugas mengajar sebanyak 45 kali selama kegiatan PPL berlangsung. Mengampu mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Keseshatan untuk kelas X TPHP, X APKJ 1, X APKJ 2, X ELIN, X ATR, dan X TP, dengan tatap muka sebanyak 1 kali seminggu dan setiap minggunya praktikan mengajar selama 18 jam pelajaran. Secara keseluruhan program kerja PPL terlaksana dengan baik, meskipun masih terdapat beberapa kendala. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, praktikan telah melaksanakan pembuatan rencana pembelajaran sebanyak 8 RPP, melakukan kegiatan praktik mengajar sebanyak 45 kali pertemuan dan melakukan evaluasi belajar sebanyak 1 kali. Dalam melaksanakan praktik mengajar metode yang digunakan yaitu menggunakan ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini, praktikan mendapat banyak bekal seperti pengalaman serta gambaran nyata tentang kegiatan pembelajaran, serta nilai-nilai seperti kerja keras, tanggung jawab, kerja sama, dan disiplin. Selain itu, dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang professional dan memiliki keterampilan mengajar. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.} }