@techreport{UNY51305,
         journal = {Laporan PPL},
     institution = {Universitas Negeri Yogyakarta},
          author = {Angga Kurniawan Angga Kurniawan},
           title = {LAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
DI SMK NEGERI 1 NANGGULAN},
            type = {Project Report},
            year = {2016},
       publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/51305/},
        keywords = {Kata Kunci : PPL, Teknik Elektro, SMK Negeri 1 Nanggulan},
        abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 1 Nanggulan telah dilaksanakan
oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Kelompok
PPL di lokasi ini terdiri dari 11 mahasiswa dari program Studi Pendidikan Teknik
Elektro, Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan
Fisika, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.
Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu diadakan kegiatan
observasi lapangan (kelas). Observasi sekolah ini dilakukan sebagai tolak ukur
dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi
dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui
karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru
pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan PPL. Selama kegiatan
PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas
pada Jurusan Teknik Elektronika Industri, yaitu kelas X ELIN dengan mata pelajaran
Teknik Mikroprosesor dan kelas XI ELIN dengan mata pelajaran Menerapkan Sistem
Operasi Komputer dan Merakit Perangkat Keras Komputer. Praktikan melakukan
team teaching saat mengajar di kelas XI ELIN. Pada saat praktikan melakukan
praktik mengajar di kelas X ELIN, diperoleh sebanyak 8 kali tatap muka dengan total
16 jam pelajaran. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah
persiapan administrasi mengajar, melakukan praktik mengajar dan terbimbing
dan evaluasi, serta kegiatan non mengajar.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik
dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan
mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua
pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai
calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di
masyarakat di masa yang akan datang.}
}