@techreport{UNY51305, journal = {Laporan PPL}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Angga Kurniawan Angga Kurniawan}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 1 NANGGULAN}, type = {Project Report}, year = {2016}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/51305/}, keywords = {Kata Kunci : PPL, Teknik Elektro, SMK Negeri 1 Nanggulan}, abstract = {Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus 2016 yang berlokasi di SMK Negeri 1 Nanggulan telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 11 mahasiswa dari program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Teknik Informatika, Pendidikan Teknik Elektronika, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Sebelum pelaksanaan PPL di sekolah, terlebih dahulu diadakan kegiatan observasi lapangan (kelas). Observasi sekolah ini dilakukan sebagai tolak ukur dalam perumusan program PPL yang akan dilaksanakan, mengetahui kondisi dan situasi kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, mengetahui karakter siswa, serta mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Begitu pula dengan kegiatan konsultasi atau bimbingan dengan guru pembimbing dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan PPL. Selama kegiatan PPL, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri dan terbimbing di dua kelas pada Jurusan Teknik Elektronika Industri, yaitu kelas X ELIN dengan mata pelajaran Teknik Mikroprosesor dan kelas XI ELIN dengan mata pelajaran Menerapkan Sistem Operasi Komputer dan Merakit Perangkat Keras Komputer. Praktikan melakukan team teaching saat mengajar di kelas XI ELIN. Pada saat praktikan melakukan praktik mengajar di kelas X ELIN, diperoleh sebanyak 8 kali tatap muka dengan total 16 jam pelajaran. Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain adalah persiapan administrasi mengajar, melakukan praktik mengajar dan terbimbing dan evaluasi, serta kegiatan non mengajar. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata baik dalam bentuk pengalaman mengajar maupun pengalaman dalam mengenali dan mengatasi berbagai permasalahan yang timbul di lingkungan sekolah. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.} }