eprintid: 51282 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/12/82 datestamp: 2017-07-28 03:22:30 lastmod: 2019-10-01 11:34:10 status_changed: 2017-07-28 03:22:30 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: CAHYANI ARUMDANI, CAHYANI ARUMDANI title: LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PENGASIH ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci: PPL, UNY, SMK N 1 PENGASIH abstract: Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa Strata 1 (S1) yang mengambil program studi kependidikan. Dengan diadakannya kegiatan PPL yang dilaksanakan secara terpadu ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Program PPL akan memberikan pengalaman belajar nyata, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah, sehingga keberadaan program PPL ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai tenaga kependidiakan dalam mendukung profesinya. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2016 ini adalah di lingkungan sekolah, yaitu SMK Negeri 1 Pengasih. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi praktik mengajar. Kegiatan PPL dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Mata pelajaran yang diampu oleh penulis adalah administrasi keuangan dan mengampu sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI AP1. Adapun total jam pelajaran yang diampu penulis selama 1 minggu adalah 4 jam pelajaran. Dimana mahasiswa terjun langsung bertatap muka dengan peserta didik di kelas sebagai seorang guru. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya ketika menjadi guru nantinya. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Adapun hambatan yang muncul adalah lebih kepada keberadaan referensi buku pedoman dalam pembelajaran yang masih kurang, hal ini dikarenakan belum siapnya buku pedoman pembelajaran Administrasi Keuangan yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan mencari berbagai referensi yang terkait dengan masing-masing kompetensi dasar yang harus dikuasai dalam pembelajaran Administrasi Keuangan. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: CAHYANI ARUMDANI, CAHYANI ARUMDANI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51282/1/13802241038_CAHYANI%20ARUMDANI_P.ADP.pdf