eprintid: 51266 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/05/12/66 datestamp: 2017-07-28 02:43:50 lastmod: 2019-10-01 11:33:37 status_changed: 2017-07-28 02:43:50 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Annisa Putri Fadhila, Annisa Putri Fadhila title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 1 PENGASIH ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Kata Kunci: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMKN 1 Pengasih abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mempunyai misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan empat kompetensi guru yakni pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Salah satu tempat yang menjadi lokasi PPL UNY 2016 adalah SMKN 1 Pengasih yang beralamat di Jalan Kawijo 11, Pengasih, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan untuk melatih keterampilan kemampuan mahasiswa dalam mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016. Kegiatan PPL dimulai dengan observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar dan evaluasi hasil belajar. Pelaksanaan mengajar dilakukan dengan terlebih dahulu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Prakktikan melaksanakan PPL pada Kompetensi Keahlian Tata Busana di kelas XI TB dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving dan saintific learning. Selain itu, praktikan juga melakukan pendampingan kelas XII TB. Kegiatan lain yang ada di sekolah adalah piket jabat tangan setiap pagi, piket presensi, piket jaga UKS, piket menjaga lobby dan lainnya. Dengan adanya pengalaman di sekolah, diharapkan praktikan memiliki bekal untuk menjadi guru dengan empat kompetensi yang harus dimiliki seorang guru. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMKN 1 Pengasih ini dapat dirasakan oleh praktikan yakni tentang ilmu pengetahuan dan praktik bidang busana maupun keguruan. Tentunya pelaksanaan PPL tidak terlepas dari hambatan-hambatan. Namun, hambatan-hambatan tersebut dapat terselesaikan karena adanya kerjasama dan semangat yang baik dari semua pihak. date: 2016 date_type: published publication: Laporan PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Annisa Putri Fadhila, Annisa Putri Fadhila (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMK NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/51266/1/13513244003_ANNISA%20PUTRI%20FADHILA_PEND%20TATA%20BUSANA.pdf