TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/51254/ M1 - skripsi N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi bilangan penjumlahan (1-20) melalui media manik-manik pada anak kelompok B TK ABA Demakan Gadingsari Sanden Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilakukan dalam dua Siklus yang masing-masing Siklus terdiri dari perencanan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK ABA Demakan, yang berjumlah 13 siswa, yang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Objek penelitian adalah kemampuan operasi bilangan penjumlahan (1-20) melalui media manik-manik. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan operasi bilangan penjumlahan (1-20) pada anak kelompok B TK ABA Demakan dapat ditingkatkan melalui media manik-manik dengan membilang dan menulis angka, kemudian anak diminta menghitung bilangan 1-5, 6-10, 11-15, dan 16-20 dengan menggunakan media manik-manik dengan cara menggabungkan manik-manik menjadi satu. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan operasi bilangan penjumlahan (1-20) dari Pra Siklus. Hasil kemampuan operasi penjumlahan (1-20) dari Pra Siklus sebesar 40,39% dengan kriteria sedang meningkat menjadi 72,85% dengan kriteria tinggi pada Siklus I dan meningkat lagi menjadi 92,59% dengan kriteria sangat tinggi pada Siklus II. Kata Kunci: penjumlahan (1-20), manik-manik, anak kelompok B AV - restricted TI - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN PENJUMLAHAN (1-20) MELALUI MEDIA MANIK-MANIK DI KELOMPOK B TK ABA DEMAKAN GADINGSARI SANDEN BANTUL PB - PAUD A1 - Nindha, Fabriandari Y1 - 2017/06/30/ ID - UNY51254 ER -