%0 Report %9 Project Report %A Friza Muhammad, Friza Muhammad %D 2016 %F UNY:51213 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Kata Kunci : Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan, Program Praktik Pengalaman Lapangan Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan. %T LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SD NEGERI KEPEK %U http://eprints.uny.ac.id/51213/ %X Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SD Negeri Kepek yang beralamat di Kepek, Pengasih, Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan, antara lain: pemahaman karakteristik peserta didik, kemampuan merancang pembelajaran, kemampuan mengelola kelas, kemampuan mengembangkan media, strategi pembelajaran, dan kemampuan evaluasi. PPL sebagai muara dari seluruh program pendidikan pra-jabatan guru. PPL dilaksanakan secara terjadwal setelah mahasiswa mendapatkan bekal yang memadai dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru yang telah dipelajari secara bertahap sejak semester awal khususnya melalui pembekalan dan kuliah micro teaching sebagai modal awal pengalaman mengajar. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 15 juli 2016 sampai dengan 15 September (tahun ajaran baru 2016/2017). Metode yang digunakan dalam kegiatan PPL ini adalah diskusi dengan pihak-pihak terkait seperti Dosen Pembimbing Lapangan (DPL PPL), guru pembimbing PPL, dan rekan-rekan PPL, serta dengan melakukan pengamatan secara langsung. Dalam hal ini sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SD Negeri Kepek. Observasi tersebut meliputi observasi terhadap pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran terkait dengan materi, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan RPP dan program kerja yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Selama menjalankan praktik langsung di sekolah, praktikan mendapatkan banyak pelajaran yang akan sangat berguna pada suatu saat nanti ketika terjun di sekolah pada khususnya, dalam hal ini adalah mengenai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pembuatan RPP, pengembangan media, pelaksanaan pembelajaran dan pendampingan bimbingan belajar.